PENGENALAN TEKNOLOGI INOVASI DAN MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA UNTUK NELAYAN

Tegal 8 Desember 2023 | IPB University melalui program "Dosen Mengabdi Inovasi 2023", sukses melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Perikanan Tangkap di Kabupaten Tegal". Dalam FGD tersebut terdapat dua topik utama, yaitu Manajemen Keuangan Keluarga Nelayan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan Lampu & Rumpon. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai Larangan, Desa Munjung Agung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Tim Dosen Mengabdi Inovasi 2023 di Kabupaten Tegal, diketuai oleh Dr. Roza Yusfiandayani, S.Pi., Dosen Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), sekaligus sebagai Wakil Kepala Tani Nelayan Center IPB, bersama anggota lainnya yaitu, Prof. Dr. Ir. Mohammad Imron, M.Si., Prof. Dr. Eko Sri Wiyono, S.Pi, M.Si., dan Prof. Dr. Ir. Domu Simbolon, M.Si., serta didampingi oleh 2 Asisten dan 2 mahasiswa, yaitu Muhamad Reza Raihan, S.Pi, Adrul Rahmad, S.Pi, Tiara dan Kasab Toharo yang semuanya berasal dari Departemen PSP IPB. Kegiatan ini juga bersinergi dengan ISPIKANI dan Bappedalitbang Tegal. 

PPP Larangan yang diwakili oleh Kasubbag TU, yaitu Bapak Wartono, S.H. Beliau menyambut baik kedatangan tim IPB dan turut senang karena dapat memberdayakan nelayan di PPP Larangan. "FGD ini dirasa sangat penting dan bermanfaat bagi nelayan Larangan, mengetahui bahwa alat bantu menjadi poin penting dalam penangkapan ikan dan managemen keuangan keluarga yang sangat dibutuhkan oleh keluarga nelayan" ujar beliau. FGD juga dihadiri oleh Bapeddalitbang Kabupaten Tegal, yaitu Dr. Atdi, beliau berterimakasih atas kehadiran IPB, dikarenakan mendukung salah satu tujuan BAPEDDALITBANG yaitu menyejahterakan nelayan Kabupaten Tegal. 

Peserta yang menghadiri kegiatan FGD berjumlah 60 orang, dengan 41 Nelayan dan 19 Istri Nelayan. Peserta sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan dengan fokus menyimak dan responsif selama FGD berlangsung. Harapan kedepannya, dapat terjalin kerjasama antara BAPEDDALITBANG, ISPIKANI, Pihak Pelabuhan dan IPB University dalam mengembangkan Teknologi Inovasi Alat Bantu Penangkapan Ikan dan manajemen pengelolaan keuangan untuk kesejahteraan Nelayan Kabupaten Tegal. 

Sumber : Reza, Roza | SDGs : 5, 9, 12, 14

Admin