PENGUKUHAN DAN PEMBUKAAN RAKERNAS DPP ISPIKANI PERIODE 2023-2027

Kegiatan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) periode 2023-2027 sukses dilangsungkan pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 secara luring di Hotel ARYADUTA, Jakarta yang dihadiri oleh 120 peserta dan diikuti oleh anggota ISPIKANI dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini diawali dengan pengukuhan pengurus DPP ISPIKANI setelah dibacakan Surat Keputusan (SK) tentang Pengesahan Susunan Dewan Pengurus Pusat ISPIKANI oleh Ketua Dewan Pakar ISPIKANI, Prof. Dr. Yonvietner. 

Agenda dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum DPP ISPIKANI, Dr. Agus Suherman yang sekaligus membuka RAKERNAS secara resmi mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, ditandai dengan memukul gong sebanyak 5 kali. Dalam sambutannya mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut menyebut, bahwa ISPIKANI merupakan organisasi strategis yang dibutuhkan keberadaannya untuk mensinergikan langkah lulusan Sarjana Perikanan dalam upaya pengelolaan sektor Perikanan secara berkelanjutan. Sejak berdirinya ISPIKANI di 12 Mei 1984, hingga Saat ini kita telah memiliki 24 Dewan Pimpinan Daerah diseluruh Indonesia, target kita kedepan ISPIKANI bisa membentuk DPD baru yang tersebar di 38 Provinsi dan Cabang yang ada dilevel Kabupaten ataupun Kota. Komitmen ISPIKANI pada periode 2023–2027 mengusung tema “Sinergi ISPIKANI dalam Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan”. Untuk itu, perlu didukung dengan komunikasi yang efektif dan berkesinambungan demi terciptanya organisasi yang sukses. 

Dalam rangka pembangunan perikanan yang berkelanjutan, Dr. Agus Suherman selaku keluatua umum ISPIKANI berharap kepengurusan ini juga memerhatikan upaya dalam pengembangan kewirusahaan nasional, termasuk korporatisasi usaha perikanan, koperasi perikanan modern, digitalisasi, serta fasilitasi dan pendampingan terhadap peningkatan usaha. Fasilitasi pengembangan investasi perikanan yang menjadi fokus dalam program kepengurusan periode ini. 

Salah satu gerakan kontribusi ISPIKANI tersebut dimulai dengan melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Univeristas Insan Cita Indonesia (UICI). Rektor UICI, Prof. Dr. Laode M Kamaluddin menyampaikan mengenai kampus digital memiliki 5 kompetensi dasar, yaitu harus bisa mengembangkan website, desain 3D, editing video, streaming, dan coding. KOmpetensi tersebut diharapkan mampu untuk mendukung pengembangan organisasi ISPIKANI. "Kehadiran DPP ISPIKANI pada periode ini melalui kerja sama ini mudah-mudahan bisa saling membantu dengan kita menyediakan sumber daya manusianya. Yang kita ubah adalah mindset, bukan teknologinya. Karena dengan mengubah mindset-nya, (perkembangan) teknologi akan ikut dengan sendirinya," sambungnya.

Tim INFOKOM

Admin